Bonsai pada umumnya adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan hingga menyerupai pohon yang sudah berumuran ratusan tahun di hutan dengan berbagai tekhnik seperti pemotongan, pencangkokan atau pembentukan menggunakan kawat khusus dan juga membutuhkan waktu yang lama. Oleh karna itu tidak heran untuk harga per bonsainya bisa di bandrol dengan harga yang relative sangat mahal bahkan sampai ratusan juga.

Minggu(04/03/2018) SevenDream City telah menjadi tuan rumah di acara “SEMARAK BONSAI KHARISMA MAHARDIKA 2018” yang merupakan event kontes bonsai dengan level internasional dan acara tersebut di selenggarakan oleh PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) cabang jember.

Menurut Yayat (Panggilan akrab:Ujang) sebagai salah satu juri delegasi dari Jakarta mengatakan “Kebetulan saya baru pertama kali ini di tugaskan di jember, kali ini saya sangat mengapresiasi tentang bonsai dijember, kebanyakan pohon yang ada di kontes ini masih berproses, karena bonsai itu sendiri sebenarnya perlu waktu dan perlu ketelatenan untuk pembuatan yang benar-benar matang. Kalau tempatnya sangat mengakomodir,karena mungkin tempat ini sebagai central kegiatan pemuda. Saya lihat tadi, ada musik dan ada galeri, dan ini sangat positif sekali untuk bonsai karna kita berharap anak-anak muda itu jangan memiliki konotasi bahwa pemain bonsai itu hanya orang-orang tua”.

Selain itu peserta pun sangat antusisas dengan jumlah peserta bonsai sekitar tigaratus peserta. Dan tidak hanya itu, dari kategori regional dan madya pun persaingannya sangat ketat dari segi bentuk dan pertumbuhannya sangat unik sekali.Menurut Supandi Ketua PPBI Cabang Jember Sekaligus Ketua Panitia mengatakan,“Saya merasa sangat puas karna tempatnya sangat kompetitif sekali menurut saya, yang kedua adalah parkir yang sangat luas, kebetulan yang sekarang ini peserta sangat banyak sekali, itu yang membuat perasaan saya sangat puas. Sebenarnya saya sebagai ketua PPBI  sangat sulit mencari lahan yang sekiranya bisa di pakai untuk sentral bonsai. Dan alhamdulillah saya ketemu dengan mas Dimas selaku Manager di Seven dream city, dia menawarkan untuk membuat lokasi sentral bonsai di SEVEN DREAM CITY. Hal ini sangat tepat sekali karena lokasi ini sangat luas,kemudian mudah di jangkau oleh masyarakat. Letaknya di jalan raya yaitu jalan provinsi, dan dengan adanya acara ini semoga bisa menjadi Pilot Project untuk generasi penerus bahwa bonsai itu sebenarnya bisa meningkatkan ekonomi kreatif. Karena sebatang pohon yang sekiranya bisa di manfaatkan atau bisa dibentuk bonsai dengan sentuhan tangan memiliki harga yang lumayan menarik”.

Semoga saja rencana pembukaan “SENTRA BONSAI” di Sevendream City kedepannya bisa bermanfaat untuk perekonomian kreatif di Jember & Sekitarnya. (Najib SDC)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *